CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

November 02, 2012

Dokumen Transaksi


Selamat Siang Readers. Kali ini Author akan share tentang “Dokumen Transaksi” Join this !!

Dalam kegiatan normal perusahaan pasti akan terjadi transaksi. Dalam transaksi-transaksi tersebut tentunya untuk meyakinkan bahwa transaksi tersebut adalah transaksi yang legal bukan illegal. Dokumen transaksi perusahaan dibagi menjadi 2 yaitu : 1) Dokumen Intern dan 2) Dokumen Ekstern. Dibawah ini dapat dilihat definisi dan perbedaan dari dokumen Intern dan Ekstern.
1.      Dokumen Intern à Bukti transaksi yang dibuat dan dikeluarkan oleh perusahaan yang bersangkutan, sehingga dijadikan sumber dokumen pencatatan oleh perusahaan. Lembar ke-2 ( Copy ) dan lembar ke-1 ( Asli ) yang diberikan pada pihak luar yang terkait.
2.      Dokumen Ekstern à Bukti transaksi yang diterima perusahaan dari pihak luar yang membuat dan mengeluarkan bukti transaksi tersebut. Dalam hal ini perusahaan mendapatkan lembar ke-1 ( Asli ).


Ada berbagai macam bukti transaksi yang dapat mendukung kevalidan dari transaksi yang dilakukan perusahaan antara lain :
a.       Kwitansi ( dokumen Intern )
b.      Cek ( dokumen ekstern )
c.       Bilyet Giro ( dokumen ekstern )
d.      Faktur ( dokumen intern )
e.       Nota Kontan ( dokumen ekstern )
f.       Nota kredit ( dokumen intern ) atau Nota Debit ( dokumen ekstern )
g.      Bukti Memorial
 
Untuk keterangan dan contoh dari bukti-bukti transaksi tersebut Author akan share pada postingan selanjutnya. Sampai jumpaa~~ Semoga bermanfaat.

Source : My Accounting Teacher ( Bapak Rully Tresno Umoro ), and also my 호배 for borrowed her book, knowlwdge I gained when studying Accounting.
Moral Value : “ bermimpi lah sebelum bermimpi itu dilarang~~~”@na_nna95
CREDIT : rainnbowsky.blogspot.com

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
 
Copyright© All Rights Reserved rainnbowsky.blogspot.com