CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

November 03, 2012

Aktiva Tetap Tidak Berwujud


Aktiva tetap tidak berwujud adalah aktiva yang umurnya panjang yang memberikan manfaat bagi aktivitas operasi perusahaan . Aktiva ini memberikan keuntungan dalam mendongkrak pendapatan perusahaan.
Yang termasuk ativa tetap tidak berwujud antara lain :
1.     Hak paten adalah hak tunggal yang diberikan oleh pemerintah melalui Direktorat paten kepada perorangan atau badan untuk memanfaatkan suatu penemuan tertentu.
Hak perolehan hak paten meliputi :
-       Biaya penelitian
-       Biaya percobaan
-       Biaya pengembangan
-       Biaya pendaftaran dll.
2.     Hak cipta atau Copy right adalah hak tunggal yang diberikan pada seseorang atau badan untuk memperbanyak dan menjual barang hasil karya seni atupun karya intelektual.
Hak cipta dapat diperoleh dengan penemuan sendiri maka, biaya untuk memperoleh hak cipta tidak terlalu besar, sehingga bisa diberlakukan sebagai beban pada periode yang bersangkutan.
Jika diperoleh dengan membeli dari pihak lain harga perolehannya cukup besar, maka perlu dikapitalisasikan sebagai aktiva tetap tetapi tidak berwujud dan diamortisasikan selama umur ekonomisnya.
3.     Merek dagang/Trade Mark adalah hak tunggal yang diberikan pada orang atau badan usaha untuk menggunakan cap, nama atau lambing usaha.
Apabila biaya yang dikeluarkan untuk memperoleh merek dagang tersebut kecil, maka biaya ttersebut bisa diperlukan sebagai beban pada periode diperolehnya. Sedangkan jika biayanya cukup tinggi, maka kapitalisasi sebagai aktiva tetap tak berwujud dan diamortisasikan setiap tahun.
4.     Franchise adalah hak tunggal yang diperoleh suatu perusahaan dari perusahaan lain untuk mengkomersilkan produk, proses, teknik atau resep tertentu.
Franchise diberikan dalam jangka waktu tertentu dan dengan persyaratan tertentu. Maka setiap tahun harus diadakan amortisasi.
5.     Goodwill adalah nilai lebih yang dimiliki suatu perusahaan sebagai akibat adanya nama baik, letak yang strategis, dan manager yanga baik, dsb.
Goodwill hanya bisa dicatat bila pindah dari perusahaan lain, melalui pembelian perusahaan lain pada harga yang lebih tinggi dari nilai wajar aktiva netonya. Kelebihan harga diatas nilai wajar itulah yang diakui sebagai harga perolehan Goodwill.
Source : my notes when I'm studying Accounting

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
 
Copyright© All Rights Reserved rainnbowsky.blogspot.com