CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

November 10, 2012

Bidang Akuntansi


Pagii readers udah pada mandi belum nih
Author akan mengeshare mengenai bidang-bidang dalam akuntansi. Check this out Readers….
Bidang-Bidang Dalam Akuntansi
Perkembangan dunia usaha menyebabkan berkembangnya spesialisasi di bidang akuntansi. Semakin berkembangnya dunia usaha menyebabkan masalah yang dihadapi oleh manajemen akan lebih kompleks. Maka dari itu diperlukan akuntan pembantu yang mengusai dibidangnya.
Bidang spealisasi akuntansi meliputi :
1.       Akuntansi keuangan
Akuntansi keuangan adalah kegiatan akuntansi yang berhubungan dengan transaksi keuangan khusus yang menyangkut perubahan aktiva. Kewajiban, dan ekuitas perusahaan. Akuntansi keuangan memiliki tujuan yaitu untuk menyusun laporan keuangan yang digunakan oleh pihak internal maupun eksternal.
2.      Akuntansi Biaya
Akuntansi biaya adalah bidang akuntansi yang berhubungan dengan transaksi yang menyangkut pengeluaran biaya untuk produksi atau pembuatan produk. Tujuan dari akuntansi biaya adalah untuk menyusun laporan biaya produksi.
3.     Akuntansi Manajemen
Akuntansi Manajemen adalah bidang spesialisasi akuntansi yang menangani pengumpulan dan pengolahan data biaya yang relevan dengan keputusan yang akan diambil manajemen, baik dalam aktivitas sehari-hari perusahaan maupun keputusan yang sifatnya khusus. Tujuan dari Akuntansi ini adalah membantu manajemen baik tingkat atas maupun tingkat menengah.
4.     Akuntasi Perpajakan
Akuntansi perpajakan adalah akuntasi yang berhubungan dengan penerapan tariff perpajakan. Tujuan dari kegiatan akunttansi ini adalah untuk membantu manajemen dalam memenuhi peraturan perpajakan.
5.      Akuntansi Anggaran
Akuntansi anggaran adalah kegiatan akuntansi yang berhubungan dengan pengumpulan data masa lalu yang diinformasikan dalam laporan akuntransi.
6.     Akuntansi Pemerikasaan
Akuntasi pemeriksaan adalah kegiatan akuntansi yang berhubungan dengan aktivitas jasa pemeriksaan untuk memenuhi kepentingan pihak-pihak yang membutuhkan. Pemeriksaan yang dilakukan oleh akuntan pemeriksaan bersifat independen artinya tidak terpengaruh kepentingan apapun. Tujuan dari akuntansi pemeriksaan.
Itu dia yang dapat Author share ……….. lain waktu kita lanjut lagii….. bye
Source : my notes and reference ( accounting book Hendri Ssoemantrie ); 2009

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
 
Copyright© All Rights Reserved rainnbowsky.blogspot.com