CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

Oktober 20, 2012

Belajar Bahasa Korea


안녕~ Hayoo siapa yang K-Popers ?? Pasti langsung pada keinget sama Bias-nya dehh. Recently kan lagi booming K-Wave, makanya kali ini Author pengen berbagi sedikit ilmu yang Author peroleh tentang huruf 한글 ( Hangeul ). Pasti pada tau dong gimana cara menuliskan nama-nama biasnya pake Hangeul. Oke buat yang belum tau sama sekali Hangeul yuk disimak postingan Author ini. Kalo yang udah tau tolong disimak juga kalau-kalau Author ada salah. Oke Readers let’s begin !
한글 ( Hangeul ) adalah huruf/cara penulisaan bahasa Korea. Pada tahun 1443, Maharaja Sejong menciptakan 한글 ( Hangeul ) agar lebih mudah dipelajari. Karena sebelum Hangeul diciptakan rakyat Korea memang menggunakan bahasa Korea tetapi untuk penulisan/hurufnya mereka menggunakan huruf China. Sehingga banyak golongan menengah kebawah buta yang huruf.

Huruf Hangeul terbagi atas :
l  Konsonan Tunggal : ,,,,,,,,,,,,,
l  Konsonan Rangkap : ,,,,
l  Vokal Tunggal : ,,,,,,,,,
l  Vokal Rangkap : ,,,,,,,,,,


Pada konsonan tunggal, kita harus memperhatikan letak konsonan tersebut. Terkadang pada beberapa huruf terjadi perubahan suara jika konsonan tersebut terletak diakhir. Berikut adalah daftar huruf beserta perubahan bunyinya :
Huruf
Konsonan Awal
Konsonan Akhir
G
K
N
N
D
T
R, L
L
M
M
B
P
ss
T
-
Ng
J
T
Ch
T
Kh
K
Th
T
Ph
P
h
T
Konsonan Rangkap  bisa disebut juga konsonan yang paling keras dalam penekanan pelafalannya :
Huruf
Suara
Contoh
Kha
Kabur
Tha
Tangkap
Pha
Padi
s
Sabar
Cha
Cari
Vokal Tunggal
a = sana
o = solo
eo = sono ( sana dalam logat betawi )
u = susu
ae = wae ( mengapa dalam bahasa korea )
Daftar huruf Konsonan :
Vokal
Bunyi
A
Ya
Eo
Yeo
O
Yo
U
Yu
Eu
I

Vokal rangkap
Vokal rangkap merupakan gabungan/komposisi antara 2 vokal tunggal yang menghasilkan bunyi/suara baru. Berikut adalah vocal rangkap :

Vokal
Bunyi
ae
yae
e
ye
wa
wae
we
wao
we
wi
eui

Sekian dulu ya ilmu yang Author bisa bagi semoga bermanfaat. Next time Author pasti akan Post lagi tentang bahasa Korea. Semoga soon as possible ya… Mungkin untuk next post Author akan share tentang aturan pengucapan dan pembacaannya. 안녕히가십시오 ~~`
Yang berminat untuk CoPas tolong comment yaa. Ini beneran ketikan Author sendiri lho, I Swear gak CoPas samsek.
Source : knowledge I gained while studying Korean language, picture from google
Moral Value : “ Bahasa adalah suatu alat yang urgent dalam pergaulan, jika kamu ingin memiliki teman dari bangsa lain maka jangan segan-segan kamu untuk belajar bahasa mereka. Memang banyak yang berkata bahasa asing itu sulit, ubahlah pandanganmu terhadap itu semua paksa dirimu untuk terus mencoba dan mencoba. Paksa dirimu untuk menyukai bahasa tersebut. Awalnya memang sulit tapi lama kelamaan itu akan mudah dan jangan lupa kamu harus memasang target agar kamu lebih semangat dalam belajar bahasa tersebut.” @na_nna95 ( Author udah buktiin lho makanya berani cuap-cuap )

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
 
Copyright© All Rights Reserved rainnbowsky.blogspot.com