CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

November 02, 2012

Jenis-jenis Aktiva Lancar


안녕하세요 우리 Readers~ Author kembali dengan segudang informasi nih…( emangnya seberapa lebayy )#pokoknya banyaklah. Oh ya Readers Author akan share tentang macam-macam aktiva. Mohon dukungannya ya Readers supaya Author lebih sering ngeshare. 고마워요
Ini dia Readers materi yang akan Author share. Join this !!
Aktiva adalah sumber daya dalam bentuk harta benda atau hak yang dikuasai oleh perusahaan sebagai akibat dari peristiwa masa lalu dan dari mana manfaat ekonomi di masa depan dipeoleh perusahaan. ( Hendri Soemantri book’s).
Aktiva adalah kekayaan yang dimiliki perusahaan yang nantinya akan selalu dibawa pada periode akuntansi selanjutnya. ( Author statement #LOL )
Aktiva, Ekuitas, dan Kewajiban disebut juga sebagai akun neraca. Karena pada setiap neraca kelompok akun” tersebut akan selalu ada.

Pertama-tama Author akan bahas mengenai aktiva. Seperti yang kita tahu aktiva memiliki berbagai macam jenis yaitu :
l  Aktiva Lancar
l  Aktiva Tidak Lancar
-          Investasi Jangka Panjang
-          Aktiva Tetap
-          Aktiva Tidak Berwujud
-          Aktiva Lain-Lain
1.      Aktiva Lancar ( current asset ) à harta perusahaan yang bersifat lancar yang sewaktu-waktu bisa dipergunakan untuk membiayai pengeluaran perusahaan/ untuk menampung piutang perusahaan terhadap debitur.
Ada berbagai jenis aktiva lancar antara lain :
n  Uang tunai/ rekening giro bank yang dipergunakan sebagai alat pembayaran yang sah untuk membiayai pengeluaran perusahaan.
n  Surat-surat berharga/efek ( marketable securities ) adalah investasi perusahaan dalam jangka pendek ( berbentuk saham/obligsi perusahaan lain ).
n  Deposito jangka pendek adalah depositi yang jangka waktunya kurang dari 1 tahun sejak tanggal neraca.
n  Wesel tagih ( Notes Receivable ) adalah wesel tagih yang jangka waktunya kurang dari 1 tahun sejak tanggal neraca.
n  Piutang Usaha/ Piutang dagang adalah tagihan perusahaan kepada Debitur yang timbul akibat penjualan barang atau jasa secara kredit.
n  Piutang lain-lain jangka pendek ( Piutang direksi, karyawan, dsb ).
n  Persediaan adalah produk yang dihasilkan oleh perusahaan manufaktur/dagang yang sewaktu-waktu bisa dijual.
n  Beban Dibayar Dimuka adalah beban yang sebenarnya belum merupakan beban tetapi dibayar perusahaan terlebih dahulu.
n  Pendapatan yang masih harus diterima adalah suatu pendapatan yang diperoleh untuk tahun pembukuan yang bersangkutan tetapi belum diterima pada saat penutupan tahun buku karena tanggal penerimaan/penagihannya belum jatuh tempo.
Untuk postingan selanjutnya Author akan kupas ( emang kentang ) tentang jenis-jenis aktiva yang lain. See you in the next post Readers 고맙습니다 ;D
Source : Hendri Soemantri book’s, Big thank’s to my Accounting Teacher Bapak Rully Tresno Umoro, Bapak Sudarmadi.
Moral Value : “ Jangan pernah berkata “tidak bisa”. Biasakan untuk selalu berkata “belum bisa”. Karena saat kamu berkata “tidak bisa” berarti kamu telah menjudge dirimu sendiri sehingga otak kita akan tersugesti dengan kata-kata itu dan menyebabkan kita tidak bisa/tidak mampu”. @na_nna95
CREDIT : rainnbowsky.blogspot.com

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
 
Copyright© All Rights Reserved rainnbowsky.blogspot.com