CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

November 02, 2012

Penilaian Persediaan Metode FIFO Perpetual


안녕~` Readers kali ini Author lagi semangat posting tentang Akuntansi nihh. Tolong didukung ya Readers supaya lebih semangat lagi. In this session Author ingin melanjutkan postingan yang lalu. Beberapa hari yang lalu, Author posting “ Penilaian Persediaan Metode FIFO, LIFO, dan Average Fisik”. Sekarang Author share yang “ Penilaian Persediaan Metode FIFO Perpetual “. Semoga bermanfaat yaa~

Sebenarnya penilaian persediaan metode Fisik dan Perpetual hampir sama. Pada pencatatan Perpetual juga terdapat beberapa metode yaitu FIFO, LIFO, dan Average. Yang menjadi perbedaannya adalah dalam pencatatan Fisik, persediaan dihitung pada akhir periode namun, pada system pencatatan Perpetual persediaan akan dicatat secara continue ( kontinyu ). Bisa dibilang juga jika terjadi arus keluar masuk barang secara harian  juga tetap dicatat dalam kartu sediaan. Memang system pencatatan ini memiliki keuntungan dan kerugian masing-masing. Perusahaan biasanya menetapkan sistem pencatatan persediaannya sendiri.
Let’s see the exercise and let’s solve together !!
PT. Sinar Baru selama bulan Oktober 2012 melakukan kegiatan-kegiatan yang dapat mempengaruhi persediaannya. Transaksi-transaksi antara lain sebagai berikut :
01/10 Sediaan awal barang, 5.000 unit @Rp 12.000,00
03/10 Pembelian ,3500 unit @Rp 11.300,00
04/10 Retur pembelian 10 unit @Rp 11.300,00
10/10 Penjualan kepada CV. Citra Harapan 4.500 unit @Rp 13.500,00
11/10 Retur Penjualan dari CV Citra Harapan 5 unit @Rp 13.500,00
18/10 Penjualan Tunai 1.000 unit @Rp 13.200,00
23/10 Pembelian 2.100 unit @Rp 11.700,00
-      Catat mutasi persediaan diatas dalam kartu persediaan sistem Perpetual dengan metode FIFO !:
Jawab :
a.      Kartu Sediaan Metode Perpetual FIFO.



Pada saat pencatatan saldo awal barang, nilai sejumlah barang tersebut dimasukkan ke dalam mutasi saldo. Dan jika terjadi mutasi pembelian dicatat dalam mutasi barang masuk, begitu juga sebaliknya jika terjadi mutasi barang keluar dicatat dalam mutasi barang keluar. Untuk mempermudah pencatatan dalam kartu persediaan sebaiknya jumlah saldo barang yang masih pada tanggal sebelumnya dicatat kembali, untuk menghindari kekeliruan. Dalam pencatatan perpetual metode FIFO harga satuan barang yang dijual diambil dari atas. Berikut adalah kartu sediaan metode perpetual FIFO.

Uri Readers itu dia yang bisa Author posting, next time kalo rencananya gak berubah Author akan posting tentang “ Penyusutan Aktiva Tetap “.I wait you comment. Au Revoir Readers……!!!!!!

Source : knowledge I gained when I studying Accounting
Moral Value : “ Orang yang tidak pernah belajar adalah orang yang selalu menutup diri terhadap perubahan mereka cenderung konservatif. Konon orang yang tak mau membuka diri adalah orang yang akan gagal dimasa datang.”

CREDIT : rainnbowsky.blogspot.com 

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
 
Copyright© All Rights Reserved rainnbowsky.blogspot.com