CLICK HERE FOR FREE BLOGGER TEMPLATES, LINK BUTTONS AND MORE! »

November 06, 2012

Bukti Transaksi Part II


Lanjutan untuk bukti transaksi part II
CEK
Contoh gambar : ( source from google image )
Cek adalah surat perintah pada Bank dari orang yang menandatanganinya, untuk membayar sejumlah uang yang tertera pada cek untuk pembawa/orang yang namanya tertulis pada cek. Lembar utama ( asli ) diserahkan kepada pihak lain sebagai alat bayar. Struck cek sebagai bukti tambahan disatukan dengan kwitansi bukti pembayaran dan disertai dengan bea materai.
Keterangan : Pencairan cek dapat ada 2 cara yaitu cek yang harus di cairkan oleh orang yang namanya tercantum pada cek dan cek yang dapat dicairkan oleh siapa saja ( pembawa ) walaupun namanya tidak tercantum dalam cek.
 NOTA KONTAN
Nota kontan adalah bukti transaksi penjualan dan pembelian tunai. Lembar pertama ( asli ) diserahkan kepada pembeli, sebagai bukti telah membayar dengan lunas. Lembar kedua ( copy ) digunakan sebagai dokumen pencatatan akuntansi atau sumber pencatatan bagi penjual.
Nota kontan dibuat pembeli yang akan diserahkan pada penjual untuk mencatat penerimaan kembali barang yang telah dibeli karena rusak/tidak sesuai pesanan.

Contoh gambar : ( source from google image )
NOTA KREDIT
Nota kredit adalah bukti transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual secara kredit atau pengurangan harga faktur karena sebagian barang rusak atau kualitasnya tidak sesuai dengan pesanan. Nota kredit dibuat pihak penjual dan dikirim kepada pembeli. ( dokumen intern )
Nota debit adalah bukti transaksi yang dibuat pihak pembeli dan diserahkan pihak penjual. ( dokumen ekstern )
Nota kredit : dibuat penjual ke pembeli karena untuk mencatat pengiriman kembali barang yang telah dibeli karena rusak/tidak sesuai.
Contoh gambar : ( source from google image )


BUKTI MEMORIAL
Bukti memorial adalah bukti transaksi intern dalam bentuk memo dari pejabat dalam perusahaan kepada bagian Akuntansi untuk mencatat peristiwa atau keadaan yang sifatnya intern.
Contoh gambar : ( source from google image )

Semoga dapat menjadi referensi bagi Readers….. bye~~~~
Source : my notes, picture from google/images

Read Comments
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
 
Copyright© All Rights Reserved rainnbowsky.blogspot.com